#9 Apakah mobil atau transportasi listrik sudah cukup ramah lingkungan?

 


Mobil listrik menjadi alternatif transportasi yang dianggap sebagai mobil masa depan. Pasalnya, mobil listrik tidak hanya menyelesaikan masalah BBM sebagai energi tak terbarukan, tetapi juga dianggap ramah lingkungan. Mobil listrik bisa disebut ramah lingkungan lantaran penggunaan dan pembuangan energinya yang lebih aman terhadap lingkungan. Berikut ini alasan mengapa mobil listrik dianggap sebagai mobil yang ramah lingkungan

·         Emisi gas buangan yang lebih aman

Mobil listrik menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar fosil. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), emisi CO2 dari BEV atau mobil listrik murni hanya 0-5 gram/km. Sementara emisi CO2 dari mobil konvensional mencapai 125 gram/km. Selain emisi CO2, mobil listrik juga menyumbang 11-13 persen polutan PM 2,5 lebih sedikit dibanding mobil konvensional. Mobil listrik juga berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca.

·         Tidak menggunakan bahan bakar fosil

Mobil listrik juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil. Seperti yang kita tahu, bensin atau bahan bakar fosil lainnya menghasilkan emisi yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

·         Minim suara

Penggunaan mobil listrik juga minim polusi suara. Tingkat kebisingan mobil listrik hanya 21 desibel, dimana berbanding jauh dengan tingkat 

Akan tetapi transportasi listrik juga memiliki beberapa kekurangan, yakni

·         Harga yang mahal

Harga kendaraan listrik masih lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan konvensional berbahan bakar fosil. Hal ini disebabkan karena teknologi kendaraan listrik masih tergolong baru dan masih dalam tahap pengembangan.

·         Jarak tempuh terbatas

Jarak tempuh kendaraan listrik masih terbatas dibandingkan dengan kendaraan konvensional berbahan bakar fosil. Hal ini disebabkan karena kapasitas baterai kendaraan listrik masih terbatas.

·         Waktu pengisian data lama

Waktu pengisian daya kendaraan listrik masih lebih lama dibandingkan dengan waktu pengisian bahan bakar kendaraan konvensional. Hal ini disebabkan karena infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik yang masih terbatas.

·         Tidak cocok untuk perjalanan jauh

Kendaraan listrik masih kurang cocok untuk perjalanan jauh karena jarak tempuh yang terbatas dan waktu pengisian daya yang lama. Hal ini membuat kendaraan listrik lebih cocok digunakan untuk perjalanan dalam kota.

·         Infrastruktur pengisian daya yang terbatas

Infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik masih terbatas di Indonesia. Hal ini membuat penggunaan kendaraan listrik masih terbatas pada daerah-daerah tertentu saja

Apakah transportasi listrik sudah sesuai dengan tujuan berkelanjutan?

  • Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa transportasi yang berkelanjutan mencakup aspek keselamatan, tarif terjangkau, aksesibilitas tinggi, terpadu, kapasitas, dan efisiensi. Dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan, pembangunan infrastruktur transportasi memegang prinsip berkelanjutan (sustainable), yang salah satunya dilakukan melalui penggunaan teknologi
  • Kendaraan listrik dianggap sebagai transportasi masa depan yang harus menjadi pilihan agar udara kota tetap bersih dan ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia sudah mendorong aplikator transportasi online (Grab, Gojek, Maxim) untuk menggunakan kendaraan listrik, dan DAMRI juga akan segera meluncurkan penggunaan bus listrik. Selain itu, Menteri Perhubungan telah memerintahkan seluruh terminal tipe A dan stasiun KA untuk menyiapkan charging station atau SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum)
  • Mobil listrik diharapkan dapat ikut mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi dan mendukung kontribusi bagi pembangunan yang berkelanjutan.
  • Pengembangan kendaraan listrik merupakan amanat dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Hal ini merupakan bentuk dari perhatian pemerintah terhadap pentingnya transportasi berkelanjutan di masa mendatang

Sumber

https://dishub.acehprov.go.id/informasi/penggunaan-teknologi-di-transportasi-tunjang-pembangunan-berkelanjutan/

https://dephub.go.id/post/read/kendaraan-listrik-masa-depan-transportasi-indonesia

https://www.mongabay.co.id/2020/11/22/mobil-listrik-transportasi-masa-depan-apakah-ada-dampak-bagi-lingkungan/

https://www.cnbcindonesia.com/news/20201005105511-4-191886/ini-alasan-kenapa-ri-gencar-pengembangan-kendaraan-listrik


Komentar

Posting Komentar