#10 Rekomendasi series atau film dokumenter yang membahas tentang lingkungan

 

A Plastic Ocean (2016)

Film dokumenter ini menampilkan kenyataan bahwa begitu banyak sampah plastik yang masuk ke lautan. Sampah tersebut akhirnya merusak rumah para penghuni laut, mengubah rantai makanan dan menyebabkan kematian bintang laut Kisahnya berawal dari seorang jurnalis, Craig Leeson, yang berpetualang mencari paus biru yang sangat sulit ditemui. Namun, alih-alih bertemu dengan paus biru, ia malah menemukan sampah plastik yang mengambang di tengah lautan. Craig bersama penyelam bebas, Tanya Streeter, bekerja sama dengan ilmuwan dan para peneliti menjelajahi dua puluh tempat dalam kurun waktu empat tahun. Hal tersebut mereka lakukan untuk mengungkapkan penyebab, konsekuensi, dan memberikan solusi dari sampah plastik. Banyak sekali permasalahan yang terjadi akibat sampah plastik ini. Salah satunya, ditemukan paus yang mati akibat menelan plastik dengan lebar 6 meter persegi hingga kekurangan gizi. Burung laut, penyu, dan kura-kura pun menjadi korban.

“Cowspiracy: The Sustainability Secret”(2014)

Berceritakan tentang bagaimana peternakan menjadi pemeran utama dalam pemanasan global. Siapa yang menyangka kalau sapi menghasilkan gas rumah kaca lebih besar dibandingkan alat transportasi. Film tersebut dibuat berdasarkan data-data dari hasil riset yang menjelaskan bahwa 51% usaha peternakan memengaruhi pemanasan global dari efek rumah kaca yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan hewan ternak, terutama sapi, menghasilkan gas metana akibat dari hasil proses pencernaannya. Selain itu, dijelaskan bahwa pemberian makan ternak yang memengaruhi jumlah penggunaan air yang diperlukan serta menurunnya hutan hujan di dunia, termasuk Indonesia. Menurunnya hutan hujan tersebut disebabkan karena lahan yang awalnya hutan kemudian diubah menjadi lahan penggembalaan ternak ataupun lahan penanaman untuk pakan ternak.

“The Ivory Game” (2016)

Menceritakan tentang perburuan liar pada gajah Afrika secara besar-besaran yang kemudian diambil gadingnya. Padahal, seperti yang kita tahu, gading adalah satu-satunya ‘mahkota’ yang sekaligus berfungsi sebagai senjata yang dimiliki oleh gajah. Di sisi lain, gading gajah merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran bagi kalangan kelas menengah di Tiongkok. Hal inilah yang membuat perburuan liar semakin marak dilakukan. Secara umum, film dokumenter ini menceritakan kisah kelam dari praktik perdagangan gading gajah yang telah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun.

Seaspiracy (2016)

film dokumenter “Seaspiracy” ini lebih mengungkap fakta di balik industri perikanan dunia. Tentang kerusakan ekosistem laut secara mendalam, bagaimana perilaku buruk manusia mencelakai spesies laut dan mengungkap korupsi global yang mengkhawatirkan.Sejumlah ahli di bidang kelautan serta pemerhati lingkungan hidup juga dihadirkan dalam film ini guna memaparkan bahaya yang akan timbul akibat fenomena kerusakan ekosistem laut.

Life in Colour (2021)

Series ini memiliki tiga episode yang menceritakan mengenai peran warna dalam kehidupan hewan. Tentu saja dokumenter ini juga melibatkan narator ternama, Attenborough. Dokumenter ini memfokuskan keindahan warna pada dari sudut pandang hewan pemangsa dan mangsanya secara bergantian.

Tales by Lights (2015)

Series ini merupakan hasil kolaborasi National Geographic dengan Canon. Series Australia ini terdiri dari 6 episode yang mengeksplorasi alam melalui sudut pandang enam fotografer berbeda di setiap episodenya. Perbedaan hasil dari keenam fotografer tersebut membuat kita tidak merasakan bosan saat menonton dokumenter ini.

Night on Earth (2020)

Series Netflix ini merupakan dokumenter yang berbeda dengan serial lainnya. dokumenter ini memperlihatkan kehidupan hewan pada malam hari dengan teknologi kamera yang tinggi. Serial ini dinarasikan oleh Samira Wiley. Berbeda dengan dokumenter lainnnya yang lebih memperlihatkan perubahan iklim dan visual yang sangat indah. Namun, Night on Earth ini lebih memperlihatkan sinematografi yang menegangkan dan menakutkan. Sinematografi tersebut yang membuat dokumenter ini sangat menarik dan layak untuk ditonton.

Our Planet (2019)

Original series Netflix juga melibatkan narator legendaris yakni David Attenborough dengan menceritakan bagaimana ekosistem yang berlangsung di bumi kita ini. Dokumenter ini juga memberikan detail mengenai kerapuhan dari ekosistem di bumi ini serta dampak yang ditimbulkan akibat ulah manusia. Visualisasi yang menakjubkan memperlihatkan bagaimana perubahan bumi dalam empat tahun di 50 negara termasuk Indonesia.

Our Great National Park (2022)

Dokumenter ini berhasil menggaet mantan presiden Amerika yakni Barack Obama sebagai narator. Pada trailer yang telah ditayangkan memperlihatkan sinematografi yang sangat apik dan menampilkan keindahan alam dan habitat hewan. Dalam serial ini memperlihatkan Taman Nasional Tsavo di Kenya, Taman Nasional Gunung Leuser di Indonesia, Patagonia Chili di Chili, dan Teluk Monterey di California. Series Netflix ini ingin mengeksplor taman-taman nasional yang melindungi beragam hewan yang sangat penting untuk masa depan nantinya.

 

Nahh, itu tadi beberapa rekomendasi series tentang lingkungan, namun mungkin series-series yang dicantumkan cenderung lebih memberikan gambaran lingkungan melalui hewan atau binatang sebagai keanekaragaman sehingga kita dapat tersadar untuk menjaga kelestarian lingkungan agar hewan atau binatang tersebut tetap lestari

Sumber

https://www.gadis.co.id/tv-and-movie/106621/netflix-approved!-ini-deretan-film-dokumenter-lingkungan-terbaik-yang-bisa-

https://meramuda.com/news-entertainment/film-tv-news-entertainment/rekomendasi-series-netflix-tentang-alam/


Komentar

Posting Komentar